Memperbaiki Windows Yang Gagal Booting


Pernahkah komputer/laptop Anda mengalami gagal booting seperti gambar di atas ? Contoh kasusnya seperti saya kemarin. Setelah Windows 8 saya install, dan saya restart, lalu muncul lah error seperti gambar di atas, Underscore putih kedap-kedip (Blinking Underscore). Googling sana-sini tidak menemukan pencerahan yang tepat. Akhirnya dengan bermodal pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang Ubuntu, ternyata problem di atas bisa di perbaiki tanpa install ulang windows nya.

Error Blinking Underscore di sebabkan karena cacatnya sebuah MBR atau Master Boot Sector . Dalam OS  Windows, Peran MBR sangat penting dalam process booting, bahasa mudahnya adalah, MBR mengatur sebuah windows dalam process booting, jadi drive atau bagian mana yang akan di load/boot pertama. Cacatnya MBR biasanya di sebabkan oleh seringnya Hard Reset/Shutdown ya pencet tombol power di PC kalian bila nge hang hehehe. Hard Shutdown juga mempengaruhi umur hardisk kalian, karena pada saat dinyalakan, piringan hardisk kalian sedang berputar membaca dan menulis data, dan saat kalian matikan paksa, piringan tersebut berhenti mendadak, lalu di nyalakan lagi, piringan hardisk tersebut terpaksa kembali ke posisi semula, istilahnya udah lari jauh, di paksa cepet-cepet kembali ke garis start, cape kan ?? :D . Virus MBR juga penyebab lain dari cacatnya MBR tapi ini sangat jarang terjadi.

Oke deh penjelasan Singkat MBR sudah, sekarang saatnya Memperbaiki Windows Yang Gagal Booting. 

1. Masukan CD/DVD Installan Windows kalian, dan booting ke CD/DVD room di bios. Dalam kasus ini saya pakai DVD Windows 8, karena komputer saya pakai Windows 8, jadi sesuaikan saja. Step nya kurang lebih sama.

2. Saat ada pilihan install, jangan di tekan install, tapi pilih menu repair. Text nya memang tersembunyi di pojok. lihat gambar di bawah (KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR)

3. Setelah kalian klik REPAIR YOUR COMPUTER, nanti muncul menu repair. Selanjutnya pilih :
Troubleshoot->Advance Options->Command Prompt .

4. Selanjutnya akan muncul Command Prompt, lalu ketik dan enter command di bawah :
bootrec /fixmbr 
bootrec /fixboot
5. Restart dan booting seperti semula ke hardisk. Komputer/Laptop anda sudah kembali booting normal. Semoga Berguna :)

Share this

Hanya seorang bloger biasa yang mencoba untuk berbagi kepada kalian.