Membuat situs iklan baris dengan WordPress

Arikel ini aslinya dari bung-cosa, artikelnya dah ilang, saya akan bahas lagi cara membuat situs iklan baris dengan WordPress. Ayo kita mulai !

Langkah-langkah membuat situs iklan baris:
  1. Install Wordpress dan plugin TDO Mini Forms. Wordpress versi terbaru (v2.5) sudah didukung oleh plugin tersebut, sehingga tidak perlu bingung menyesuaikan versinya. Aktifkan plugin jika sudah terinstall.
  2. Jantung dari situs iklan baris yang akan kita buat ada di plugin TDO Mini Forms (TDOMF). Pengaturan plugin ini sendiri gampang-gampang susah. Apabila baru pertama kali, mungkin agak bingung. Jadi, coba pahami pelan-pelan. Kalau perlu cari tempat yang tenang dan tentram. Di tengah hutan misalnya, hehehe.Klik pada tab TDOMF - Options di Dashboard. Yang pertama harus kita siapkan adalah dummy author, yaitu sebuah user di blog yang Anda buat yang digunakan untuk ‘menampung’ iklan-iklan yang dimasukkan oleh pengunjung. Kita tidak perlu repot-repot membuat karena TDOMF dapat melakukannya untuk kita. Cukup tekan saja link Create Dummy Author…. yang ada di bagian atas form General Options for TDOMF. Ubah setting lain pada bagian ini jika diinginkan. Tapi secara umum, default konfigurasi yang disiapkan oleh TDOMF sudah tidak perlu dirubah lagi. Jika sudah, tekan tombol Save untuk menyimpan setting.
  3. Klik pada Form 1. Pada TDOMF, ‘form’ adalah suatu interface dimana pengunjung dapat memasukkan atau memposting artikel. Suatu blog dapat memilih lebih dari satu form dimana masing-masing form dapat memiliki aturan maupun tampilan yang berbeda. Pada situs IklanMobil.Org yang saya buat misalnya, terdapat dua buah form TDOMF. Satu untuk memasukkan iklan gratis, sedangkan satu lagi untuk memasukkan iklan premium.Beberapa hal yang perlu diubah pada bagian ini adalah Form Name dan Default Category. Anda dapat pula mematikan moderasi (hilangkan centang pada Enable Moderation) apabila malas memoderasi iklan-iklan yang masuk. Tekan tombol Save untuk menyimpan setting. Masih pada form yang sama, tekan link Create a page with this form automatically untuk otomatis membuat halaman (Page) blog yang menampilkan form tersebut. Nama halaman (page slug) akan disesuaikan dengan nama form (form name) yang telah Anda buat.
    Apabila halaman sudah tercipta, sekarang saatnya untuk mengutak-atik tampilan dan elemen form kita. Klik pada Widgets for Form 1 untuk memulai.
    Pada halaman Form Arrangement, Anda dapat mengatur tampilan form dengan cara drag-and-drop, sama dengan pengaturan widget pada theme Wordpress. Di sini, Anda dapat menentukan elemen-elemen apa saja yang ada dalam form, termasuk captcha dan file upload jika diinginkan. Tekan tombol Save Changes jika sudah.
    Untuk melihat hasilnya, buka halaman Wordpress yang telah diciptakan pada langkah sebelumnya.
  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tautan ke halaman form TDOMF yang telah dibuat ke dalam theme kita. Atau jika diinginkan, Anda dapat pula menyisipkan form tersebut ke dalam sidebar dengan menggunakan widget. Caranya, tambahkan saja widget TDOMF Form 1 pada Presentation - Widgets.Secara pribadi, saya lebih suka dengan cara pertama karena hasilnya lebih rapi (menurut saya loh).
Kalau ada pertanyaan, silakan hubungi om Cosa karena saya gk ngeri WP

Share this

Hanya seorang bloger biasa yang mencoba untuk berbagi kepada kalian.

2 Responses to " Membuat situs iklan baris dengan WordPress "

  1. thanks inponya, kebetulan rencana pengen punya web iklan baris :D

    BalasHapus
  2. Mampir.... ntr deh saya coba mau buat iklan baris... sdh terlalu bertumpuk nih ide2nya...hahaha

    BalasHapus

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !